Wow, Robot Seperti di Film Iron Man Sudah di Depan Mata

Wow, Robot Seperti di Film Iron Man Sudah di Depan Mata
Bagi para penggemar film, Jarvis pasti sudah tidak asing dtelinga kalian. Jarvis adalah asisten Tony Stark dalam film Iron man, dia adalah sebuah robot yang memiliki kecerdasan sendiri layaknya manusia. Jarvis dapat membuat keputusan dan melakukan suatu pekerjaan tanpa adanya campur tangan dari manusia. Robot seperti itu dinamakan robot AI atau robot yang memiliki pikiran sendiri.

Artificial Intelligence atau Kecerdasan buatan adalah istiliah yang digunakan para ilmuwan untuk menyebut sebuah mesin yang dapat berpikir sendiri tanpa campur tangan manusia. Banyak yang tidak menyadari bahwa Artificial Intelligence (AI) sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, siri salah satu fitur Iphone ini adalah contoh sederhana dari kecerdasan buatan. Siri memungkingkan penggunanya untuk mengirim pesan, melakukan panggilan, memutar musik, dll hanya dengan sebuah konfirmasi suara. Tetapi pada kenyataannya Siri tidak seperti Jarvis, dia tidak dapat berpikir sendiri, dia bisa melakukan semua itu karena sebuah algoritma rumit yang diprogram para ilmuwan agar dapat merespon perkataan manusia. Diluar hal yang sudah diprogramkan tidak mungkin siri dapat merespon perintah dari manusia.

Di dunia ini tidak ada mesin yang benar-benar dapat berpikir atau membuat keputusan sendiri layaknya manusia atau setidaknya sampai saat ini. Pada tahun 2011 Watson, sebuah computer yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama IBM Research, dihadirkan dalam sebuah acara tanya jawab bersama 2 konstestan manusia. Watson dapat memenangkan acara itu tetapi hal yang paling mengejutkan adalah bagaimana cara Watson menjawab pertanyaan yang diajukan, tidak seberti komputer lainnya Watson dapat menunjukan keraguannya ketika dia menjawab pertanyaan dengan jawaban yang salah. Hal ini ditunjukan ketika Watson diberi sebuah klu dan diharuskan menyebutkan nama sebuah kota berdasarkan klu itu. Klu itu berbunyi ” its largest airport is named for a world war 2 hero; its second largest for a world war 2 battle” Watson menjawab “What is Torento???” yang berarti “Apakah Torento???” hal ini menunjukan bahwa Watson ragu jawabannya adalah jawaban yang benar, dan ternyata perkiraan Watson tepat jawaban yang benar adalah “Chicago”.

Watson adalah salah satu bukti bahwa masa dimana mesin dapat berpikir layaknya manusia sudah di depan mata, sampai saat ini teknologi kecerdasan buatan terus dikembangkan dan bukan hal yang tidak mungkin di masa depan nanti para robot akan lebih pintar dari Manusia.

Related

Teknologi 705212212550407472

Post a Comment

emo-but-icon

Berlangganan

Hot in week

Connect Us

Aku hanya seorang pelajar yang tergila-gila dengan segala hal yang berbau dengan teknologi dan sains, alasanku membuat blog ini agar aku dapat berbagi hobiku ini kepada semua orang
item